WIRELESS CHARGER, MUDAHKAN MOBILITASMU

WIRELESS CHARGER, MUDAHKAN MOBILITASMU

Teknologi smartphone telah menjamur dan berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Banyak merek dan tipe smartphone yang ditawarkan kepada pelanggan, mulai dari harga murah (ratusan ribu) hingga yang paling mahal (puluhan juta) tersedia.

Tak bisa dipungkiri, bahwa smartphone merupakan salah satu media teknologi yang paling cepat mengalami perkembangan. Lihat saja dalam beberapa tahun belakangan ini, Anda pasti merasa smartphone telah mengalami lompatan yang luar biasa dalam aspek apa pun. Terutama aspek hardware. Bila dianalogikan, maka perkembangan teknologi secara keseluruhan memang tidak bisa ditebak.

Ponsel telah berhasil menggeser kebiasaan dan kebudayaan, maka tak heran bila pada akhirnya kita akan sangat bergantung pada sebuah ponsel. Jika umumnya, kita kerap menyimpan berbagai gambar, musik, dan video di dalam ponsel, kini bahkan Anda bisa menjadikan smartphone sebagai remot televise dan AC.

Kemajuan teknologi smartphone juga diiringi dengan kelengkapan aksesoris, seperti headset, waterproof case, pelindung layer (temper glass), perlengkapan fotografi (tongsis, fisheye clip, clip lense) dan sebagainya.

Wireless charger merupakan salah satu aksesoris ponsel pintar yang sedang booming saat ni. Meskipun gagasan tentang wireless charger ini sudah dimulai beberapa dasawarsa terakhir, namun teknologi ini dianggap mapan baru-baru sehingga keberadaannya cukup diminati banyak konsumen.

Wireless charger memudahkan pengguna smartphone dalam mengisi daya hp. Tidak bisa dipungkiri baterai memang salah satu komponen terpenting hp yang dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan fungsinya. Sebelumnya produsen menawarkan power bank sehingga jika pengguna kehabisan daya baterai, bisa langsung mengisi melalui power bank tanpa bersusah payah mencari colokan listrik. Barang kali power bank tidak lagi dianggap cukup efisien sehingga diperlukan inovasi teknologi dalam pengisian daya baterai. Muncullah wireless charger dengan fungsi yang serupa dengan power bank.

Dari namanya dapat kita ketahui bahwa wireless charger tidak membutuhkan kabel (wire) untuk mengisi daya baterai.  Bagaimana cara kerja pengisian daya menggunakan wireless charger?

Aliran daya mengalir melalui induksi medan magnet dari alat charge ke Ponsel. Medan magnet mengalirkan daya dan diterima ponsel yang dilengkapi dengan plat penerima induksi sehingga terjadi aliran daya menuju baterai ponsel. Tidak semua alat wireless charge bisa bekerja untuk ponsel yang juga menggunakan teknologi ini. Ada tiga standart yang ada saat ini agar charge bisa bekerja seperti yang diinginkan, standart yang saat ini digunakan yaitu Qi, PMA -Power matter Alliance Powermat dan A4WP[1].

Sumber: https://powerbyproxi.com/wireless-charging/

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

 

Langkah-langkah pengisian daya wireless charger[2]:

  • Tegangan listrik diubah menjadi arus bolak-balik frekuensi tinggi (AC)
  • Arus bolak-balik (AC) dikirim ke koil pemancar oleh sirkuit pemancar. Arus bolak-balik kemudian menginduksi medan magnet dalam koil pemancar dengan variasi waktu tertentu
  • Arus bolak-balik yang mengalir dalam koil pemancar menginduksi medan magnet yang meluas ke koil penerima (bila berada dalam jarak yang ditentukan).
  • Medan magnet menghasilkan arus di dalam kumparan perangkat penerima. Proses dimana energi ditransmisikan antara koil pemancar dan penerima juga disebut sebagai magnetik atau resonansi kopling. Ini dapat dicapai oleh koil yang beresonansi pada frekuensi yang sama
  • Arus yang mengalir di dalam koil penerima diubah menjadi arus searah (DC) oleh sirkuit penerima, yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi baterai secara nirkabel

Melalui proses ini, daya dikirim dengan aman melalui celah udara. Serta benda non-logam yang mungkin ada di antara gulungan. Seperti kayu, plastik atau granit.

Manfaat wireless charging

Manfaat wireless charger tidak hanya terbatas pada aplikasi peralatan konsumen, namun juga terhadap aplikasi industri dari segi produktivitas, efisiensi, keamanan yang mana kabel dan konektor tidak dapat diandalkan, berbahaya atau menimbulkan biaya perawatan yang tinggi.

Bberapa manfaat yang bisa diperoleh dari wireless charger antara lain:

  • Mengurangi biaya pemeliharaan konektor mekanik, seperti rotating electrical connectors
  • Pengisian daya yang aman yang mungkin memerlukan lingkungan yang tetap steril atau tertutup rapat (tahan air)
  • Mencegah korosi terhadap elemen seperti oksigen dan air
  • Mengurangi timbulnya percikan api dan kotoran yang terkait dengan kontak kabel

Wireless charger ini tidak hanya terbatas pada ponsel saja, namun juga perangkat elektronik lain seperti ipad dan tablet dapat menggunakannya juga.

Bahkan warung kopi Starbucks juga mengadopsi teknologi ini untuk menarik lebih banyak konsumen. Starbucks berencana untuk memasang teknologi ini di seluruh gerai yang ada di Amerika.

Kalau saja anda tinggal di Boston sana dan sedang minum kopi di Starbuck maka sudah tidak perlu repot lagi cari colokkan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Starbucks di Boston bekerjasama dengan Duracell Powermats akan menyediakan papan induksi di setiap meja agar kita bisa mengisi ulang baterai ponsel secara wireless (tanpa harus dicolok segala).

Sumber: http://www.otakku.com/2012/11/01/asiknya-bisa-isi-ulang-baterai-ponsel-secara-nirkabel-di-starbucks-yang-ada-di-boston/

Untuk mengetahui dimana tepatnya anda harus meletakkan ponsel agar bisa terisi ulang secara wireless, Starbucks memberi tanda bundaran berwarna hitam.

Tapi tentu saja ponsel anda juga harus punya fitur seperti ini atau membeli cover yang bisa digunakan sebagai wireless charger.

Bagaimana kalau semuanya tidak ada?

Untungnya bagi pelanggan yang ponselnya tidak punya teknologi ini bisa meminjam sebuah alat kecil yang bisa membuat semua jenis ponsel bisa diisi ulang secara nirkabel.

Wireless charger sangat mendukung Anda yang memiliki segudang kesibukan di luar mengingat mobilitasnya yang tinggi. Kesibukan Anda mungkin membuat Anda lupa mengecek daya baterai ponsel. Padahal ponsel sangat penting digunakan dalam berkomunikasi. Saat Anda tengah berkendara ke tempat kerja, meeting, atau janji bertemu dengan klien Anda juga dapat melakukan pengisian daya ponsel sekaligus.

Bagaimana? Tidakkah Anda tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan wireless charger? Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan memperkaya wawasan Anda yaaa

 

 

Referensi:

    http://www.duniaandroid.com/2015/05/apa-itu-wireless-charger-di-ponsel.html

https://powerbyproxi.com/wireless-charging/

Share this post

2 thoughts on “WIRELESS CHARGER, MUDAHKAN MOBILITASMU

  1. Unquestionably believe that which you said. Your favorite reason seemed to
    be on the internet the easiest thing to be aware of.
    I say to you, I definitely get annoyed while people consider
    worries that they plainly do not know about. You managed
    to hit the nail upon the top as well as defined out
    the whole thing without having side effect , people can take a signal.

    Will likely be back to get more. Thanks

    Reply
  2. I?¦ve been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts in this kind of area . Exploring in Yahoo I at last stumbled upon this web site. Reading this information So i?¦m happy to convey that I have a very just right uncanny feeling I found out exactly what I needed. I such a lot undoubtedly will make sure to do not overlook this web site and provides it a glance on a relentless basis.

    Reply

Post Comment