Wanita: Waspada 5 Penyakit Mematikan!

Wanita: Waspada 5 Penyakit Mematikan!

Saat ini kesehatan telah menjadi barang mahal bagi manusia. Pasalnya banyak sekali penyakit-penyakit yang mendera manusia, mulai dari penyakit yang sering terdengar hingga nama penyakit yang kurang familiar. Usia manusia pun kini diperkirakan hanya hidup hingga 60 tahun, tak seperti para pendahulu yang bisa hidup bahkan hingga serratus tahun lebih.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan manusia. Faktor paling umum yang berpengaruh adalah faktor pola hidup termasuk asupan nutrisi yang diberikan dalam tubuh. Makanan yang kita makan akan berdampak pada kinerja tubuh. Makanan yang sehat dengan komposisi sesuai yang kita butuhkan akan membantu sistem metabolisme dalam tubuh dan badan kita terasa bugar. Sebaliknya bisa makanan yang kita konsumsi tidak sesuai dengan yang kita butuhkan (mungkin berlebihan jumlahnya), maka bisa berakhir pada obesitas. Pola hidup juga berkaitan dengan seberapa sering kita melakukan aktivitas fisik, yaitu berolahraga. Olahraga penting untuk memperlancar peredaran darah dan menyehatkan jantung.

(Sumber: http://fakta.co.id/)

Nah, kali ini kita akan membahas penyakit-penyakit mematikan yang sering diderita perempuan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita terlahir dengan kodrat untuk menjadi ibu dan istri. Oleh masyarakat umum, menjadi ibu sekaligus istri diidentikkan dengan seabrek pekerjaan rumah. Belum lagi ibu memiliki tanggungjawab besar mendidik anak dan tentunya mengurus suami. Memang tidak ada ketetapan siapa yang seharusnya melakukan pekerjaan rumah itu. Namun oleh kebanyakan warga, tugas itu seolah sudah pakem menjadi tanggungjawab wanita sehingga banyak wanita yang melakukannya tanpa banyak komplain (saya sih ga setuju dengan sudut pandang ini, tapi ya sudahlah). Dengan banyaknya tugas dan tanggungjawab yang diemban wanita, membuat para wanita yang sudah berumah tangga apabila memiliki momongan untuk selalu mengutamakan keluarga. Akibatnya wanita itu kurang memperhatikan diri sendiri, termasuk dalam hal kesehatan.
Jadi apa saja penyakit paling mematikan untuk wanita? Simak penjelasan berikut!

  1. Jantung koroner
    Jantung koroner telah menjadi salah satu penyakit penyebab kematian, bahkan sepertiga kematian disebabkan oleh penyakit ini. Wanita memiliki resiko 10% lebih tinggi untuk terkena penyakit ini terutama bila wanita itu jarang berolahraga. Bagaimana cara menanggulanginya? Langkah-langkah pencegahan dapat dilakukan dengan tidak merokok, menjaga berat badan ideal dan kolesterol dalam tubuh serta olahraga teratur. Perikas pula riwayat kesehatan dalam keluarga Anda dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter.
  2. Stroke
    Stroke atau disebut juga cerebrovascular disease (CVD) terjadi karena suplai darah ke otak terhambat. Ini terjadi karena berbagai faktor, salah satunya penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan semakin parah jika Anda obesitas sebab peluang penyempitan pembuluh darah akan semakin besar. Selain penyempitan/penyumbatan arteri, penyakit ini dapat pula disebabkan dengan kebocoran arteri sehingga sel-sel otak kekurangan oksigen dan mati dalam beberapa menit.
    Stroke bertanggungjawab atas kematian 6,7 juta jiwa di sleuruh dunia pada tahun 2012 menurut WHO. Angka itu mewakili 11,9% dari semua angka kematian. Hamper 130.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena stroke setiap tahun atau setara dengan satu orang setiap empat menit (http://penyakit.id/penyakit-mematikan-dunia/)
    Cara pencegahan adalah dengan olahraga rutin dan terapkan pola hidup sehat.
  3. Demensia
    Penyakit ini terjadi akibat adanya penurunan fungsi otak termasuk ingatan, pemahaman dan penalaran. Demensi paling sering disebabkan oleh Alzheimer dan biasanya ditemukan pada wanita usia manula. Namun penyakit ini dapat juga terjadi pada wanita paruh baya. Sejauh ini belum ditemukan upaya pencegahan maupun penyembuhan. Namun Anda bias menyiasatinya dengan melakukan kegiatan yang memicu otak tetap aktif seperti bermain catur, puzzle, TTS dan bersosialisasi dengan sekitar sekalipun usia semakin bertambah.
  4. Kanker payudara
    Berdasarkan data dari rekam medis RS Kanker Dharmais 2010, saat ini kanker payudara dan serviks merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan. Satu di sembilan wanita akan menderita kanker payudara pada usia 85 tahun. Dan satu dari 38 wanita akan meninggal akibat penyakit ini. Usia rata-rata diagnosis adalah 60. Kendati demikian penyakit ini telah menjadi penyebab paling umum kematian di kalangan wanita usia 25-64. Langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) setiap bulan dan cek kesehatan payudara ke dokter setahun sekali. Selain itu perhatikan pula riwayat keluarga yang menderita penyakit ini.
  5. Diabetes
    Diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi produksi insulin dan cara kerjanya. Pada diabetes tipe 1, pancreas tidak bias lagi memproduksi insulin dan pada tipe 2 pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak dapat digunakan secara efektif. Diabetes tipe 1 tidak diketahui sebabnya, untuk tipe 2 disebabkan oleh beberapa alasan termasuk pola makan yang kurang sehat, kurang olahraga dan kelebihan berat badan atau obesitas. Menurut WHO pada tahun 2012, sekitar 1,5 juta orang meninggal akibat diabetes (http://penyakit.id/penyakit-mematikan-dunia/)
    9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Jumlah penderita diabetes di Indonesia bahkan diperkirakan melonjak 500 ribu orang pada 2035 nanti dan menjadi sekitar 14,1 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes. Jumlah penderita TB di Indonesia menempati peringkat empat terbanyak di seluruh dunia. Tjandra mengatakan, ada di bawah China, India, dan Afrika Selatan dengan penderita TB terbanyak karena jumlah penduduk yang banyak (http://health.liputan6.com/read/2232233/daftar-penyakit-mematikan-bagi-wanita-di-indonesia)
    Itulah 5 penyakit paling mematikan untuk wanita versi www.detakzaman.com . Selain kelima penyakit tersebut, masih banyak jenis penyakit yang patut diwaspadai oleh wanita dan masyarakat pada umumnya. Meskipun umur itu termasuk takdir dan kehendak Tuhan, namun sebagai manusia sudah selayaknya kita berusaha sebaik mungkin dalam menjaga kesehatan yang diberikan oleh-Nya sebagai salah satu wujud syukur kita.

Share this post

8 thoughts on “Wanita: Waspada 5 Penyakit Mematikan!

  1. I believe everything typed made a bunch of sense.
    However, what about this? what if you typed a catchier post title?
    I ain’t saying your information isn’t good., but what if you added a
    post title that grabbed folk’s attention? I mean (Indonesia) Wanita:
    Waspada 5 Penyakit Mematikan! – DetakZaman.com is a little vanilla.

    You ought to glance at Yahoo’s front page and note how they write
    news titles to grab people to open the links.
    You might add a related video or a picture or two to
    get people excited about what you’ve got to say. Just my
    opinion, it could bring your blog a little livelier.

    Reply

Post Comment