INILAH 4 HAL YANG YANG HARUS ANDA LAKUKAN SELAGI MUDA

INILAH 4 HAL YANG YANG HARUS ANDA LAKUKAN SELAGI MUDA

Iklan Premium

Pemuda di Indonesia menurut pandangan masyarakat didefinisikan sebagai tulang punggung bangsa, tumpuan masa depan negeri kelak, kontributor besar yang akan memberikan sumbangsih signifikan untuk negeri ini. Untuk memenuhi segepok harapan tersebut, sebagai pemuda kita harus memiliki mental yang kuat dan fisik yang tangguh. Oleh sebab itu banyak dari kita yang kemudian memilih jalan melalui pendidikan. Kita bangun setiap pagi dan pergi ke sekolah, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Lantas kita masih tetap bangun pagi hari untuk memperoleh penghasilan dengan bekerja. Siklus seperti itu berlangsung terus-menerus dan dianggap relevan hingga sekarang. Justru akan dipertanyakan bila hanya berdiam diri di rumah, bukan? Padahal bekerja di rumah juga memungkinkan lhooo… di era teknologi dan informasi saat ini semuanya mungkin dilakukan melalui perangkat elektronik.

Melalui siklus kehidupan yang demikian rupa sering kali membuat kita lupa pada beberapa sisi kehidupan yang lalai untuk diperhatikan. Kali ini saya akan mengulas hal-hal yang harus kita lakukan selagi muda. Apa saja itu?

  1. Making friends

    Dokumentasi Pribadi

Menjadi kompetitif di zaman ini memang perlu. Dunia yang semakin kompetitif ini kian selektif saja dalam memilih bakat-bakat muda dengan kompetensi yang mampu memenuhi apa yang dibutuhkan. Tak ayal banyak dari kita yang lantas memfokuskan diri dengan pendidikan. Pendidikan yang disebut-sebut menjadi barang mahal di negeri ini mengingat tidak semua putra bangsa bisa mendapatkan kesempatan demikian memang layak mendapatka usaha terbaik dari kita. Juga, dengan melakukan sebaik-baiknya dan meraih nilai setinggi-tingginya juga merupakan bentuk tanggungjawab kita kepada orang tua yang telah membiayai kita. Namun kita tak boleh mengesampingkan lingkungan sekitar. Kejenuhan dan kebosanan bisa menghampiri kita kapan saja. Apalagi jika kita hanya berkutat dengan pena dan buku. Seberapapun Anda suka belajar, pada satu titik Anda akan merasa jenuh dan ingin mencukupkan semuanya. Disaat seperti itu, Anda perlu menjernihkan pikiran Anda untuk mengembalikan kebugaran fisik dan kesegaran semangat dalam jiwa. Bisa jadi Anda memilih untuk bepergian dan menghamburkan uang. Namun itu tidak bisa memberikan jaminan kejenuhan akan pergi sebab yang paling penting bukan apa yang Anda lakukan, namun dengan siapa Anda melakukannya. Memiliki banyak teman akan memberikan banyak keuntungan. Anda bisa bersenang-senang bersama teman Anda sekalipun itu hanya obrolan santai di warung kopi. Tertawa bersama teman dan sahabat sudah bisa mengobati kebosanan dan menghilangkan perasaan kesepian yang mungkin Anda rasakan saat berjuang di bangku pendidikan.

  1. Experience a lot

    Dokumentasi Pribadi

Masa muda adalah masa yang tepat bagi Anda untuk bereksplorasi seluas-luasnya untuk menemukan bakat dan impian Anda. Kendati Anda telah memilih jalur karir sebagai insinyur, pengacara atau dokter, tidak menutup kemungkinan bahwa ada hal lain yang benar-benar ingin Anda lakukan karena Anda menyukainya. Terkadang Anda bahkan rela tidak dibayar untuk pekerjaan itu sebab kebahagiaan yang Anda dapatkan nilainya sangat berharga. Maraknya komunitas sosial yang dibentuk untuk kemaslahatan bersama seperti Solo Mengajar, Rumah Hebat, Indonesia Mengajar dan sebagainya menjadi bukti riil bahwa meski materi penting namun semuanya tidak melulu tentang uang. Kegiatan volunteering ini tidak hanya bisa Anda lakukan di Indonesia. Anda juga bisa melakukan kerja sosial di luar negeri seperti volunteering yang digagas AIESEC. Disamping hal yang sudah saya sebutkan, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengalaman dan memperkaya cita rasa kehidupan. Student exchange, cultural-social exchange, internship juga banyak ditawarkan bahkan fully-funding. Selama Anda memiliki ketertarikan yang besar dan tekad yang kuat, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang akan keluar.

  1. Have relationship

    Dokumentasi Pribadi

Kegemerlapan yang ditawarkan dunia sering membuat Anda lupa yang satu ini. Apalagi bila Anda memiliki ambisi besar dalam karir dan gila kerja. Meskipun jodoh sudah ada yang mengatur, jika tidak dijemput dan digenggam bisa saja berbelok ke orang lain lhooo… Jalinlah suatu hubungan. Seberapa pun Anda independen, Anda tidak bisa memungkiri bahwa ada ruang di hati Anda yang perlu diisi. Anda butuh seseorang untuk berbagi rasa kehidupan. Tidak ada salahnya Anda memulainya sedari sekarang untuk menemukan orang yang benar-benar tepat untuk melengkapi Anda.

  1. Bahagiakan orang tua

    Dokumentasi Pribadi

Ini yang paling penting dan paling sering terlupakan. Pertumbuhan Anda dalam kedewasaan memang menggembirakan. Anda tidak menyadari seiring bertambahnya umur Anda, orang tua Anda juga ikut menua. Hidup sebagai pemuda dengan banyak teman memungkinkan Anda untuk lebih banyak menghabiskan waktu dan uang bersama mereka. Bahkan boleh jadi uang yang Anda habiskan untuk bersenang-senang lebih banyak daripada uang yang Anda gunakan untuk menggembirakan ayah dan ibu Anda. Justru di saat muda merupakan saat paling pas untuk berbagi kebahagiaan bersama mereka. Saat dimana Anda bisa memiliki sejumlah uang hasil jerih payah Anda, saat dimana Anda belum belum menikah dan belum dilimpahi tanggungjawab sebagai orang tua.


Iklan Premium

Share this post

5 thoughts on “INILAH 4 HAL YANG YANG HARUS ANDA LAKUKAN SELAGI MUDA

  1. I am really impressed with your writing skills as well as with the layout on your weblog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, its rare to see a great blog like this one nowadays abfkdaecekde

    Reply
  2. An fascinating dialogue is value comment. I believe that it is best to write more on this matter, it might not be a taboo topic but generally individuals are not sufficient to talk on such topics. To the next. Cheers edddkacekdee

    Reply

Post Comment