SENAM ZUMBA, LANGSING MENYENANGKAN!

SENAM ZUMBA, LANGSING MENYENANGKAN!

Anda menyukai olah tubuh? Pasti sudah tak asing dengan zumba dance! Salah satu latihan kebugaran jasmani yang cukup popular sekarang ini. Tarianya yang di kolaborasikan antara hip hop, soca, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri memang dinilai cukup unik. Senam yang menggabungkan antara tarian salsa dengan tarian latin yang diiringi dengan alunan musik latin ini diiringi musik dan dirancang secara apik sehingga dapat membentuk komposisi yang selaras. Gerakan dan musik zumba membuat orang lebih semangat dan berenergi saat melakukannya. Selain merupakan olahraga yang menyenangkan, senam ini juga bisa diterapkan untuk semua golongan usia baik pria maupun wanita. Melakukan olahraga ini sama halnya dengan menari pada saat pesta dan akan memberikan kebugaran tersendiri setelah melakukan senam. Di tempat-tempat tertentu seperti tempat fitness sudah banyak yang menyediakan senam zumba bagi orang-orang yang berminat untuk mengikutinya.

Pencipta tarian ini adalah Alberto ‘Beto’ Perez ditahun 1990-an. Salah satu penari serta koreografer di Kolumbia. Sejarah asal muasal terciptanya Senam zumba, pada saat Alberto ‘Beto’ Perez seorang pelatih aerobik lupa membawa kaset senamnya, namun dia tidak kehabisan akal, dia ambil kaset musik upbeat dan terciptalah Senam zumba. Namun zumba terkenal di Amerika sekitar tahun 2003, dan mulai digemari oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2012. Sudah sekitar 14 juta lebih orang di dunia yang mengambil kelas senam zumba. Sebab hal ini merupakan salah satu pilihan yang cukup diperhitungkan. Meski dinilai lebih berat dari kelas senam, namun entah energy dari mana umat didunia tetap menyukai latihan kebugaran ini. Jangan salahkan mereka jika sudah terkena sihir senam zumba. Anda memang akan merasa kelelahan. Tapi gerakan dan koreografi yang ditampilkan mengundang orang untuk melakukanya sehingga setiap orang merasa tertarik. Lalu mengharapkan lebih banyak tarian yang mampu memancing adrenalin mereka.

Seiring dengan waktu Senam zumba pun terpecah menjadi 6 kategori, dikarenakan tarian ini aman untuk segala jenis usia, akhirnya dikembangbiakan sesuai dengan golongan pesertanya. 6 kategori tersebut antara lain Zumbatomik, Fitness, Sentao, Aqua, Gold, dan Toning. 6 kategori tersebut tersedia dari mulai golongan anak-anak hingga golongan lanjut usia.

Di Indonesia, Senam zumba dirintis dan dikembangkan oleh Jun Ko Agus. Senam zumba adalah olahraga yang berasal dari Amerika yang terdiri dari 30% gerakan fitness dan 70% gerakan dansa. Manfaat olahraga ini pun sangat banyak karena anda bisa membakar 600 hingga 1000 kalori/jamnya. Bagi kamu yang ingin mencoba mencari beberapa alternatif senam untuk menurunkan berat badan atau meratakan perut yang buncit, tidak ada salahnya kamu mencoba senam zumba yang memiliki sensasi aerobik. Apa saja manfaat Senam zumba bagi tubuh? Simak penjelasan berikut!

  1. Mengencangkan otot dan tubuh

Bagi Anda yang setiap hari bekerja apalagi di depan computer, aktivitas fisik tentu jarang dilakukan. Terlebih di zaman sekarang yang serba mudah, canggih dan gaya hidup yang berlebihan. Tidak menutup kemungkinan otot Anda akan mengendor karena jarang digunakan. Jika dibiarkan terus-menerus otot-otot itu akan menjadi lembek penuh dengan gundukan lemak sedangkan setiap hari Anda akan terus makan dengan porsi tertentu. Bisa-bisa Anda menjadi gemuk. Di sisi lain jika Anda wanita yang mengandung, memang tidak diharuskan untuk melakukan program diet karena dituntut untuk memberi nutrisi juga untuk janin. Namun setelah melahirkan bobot badan wanita biasanya bertambah, lalu mau dikemanakan sisa tumpukan lemak tersebut? Mengikuti senam Zumba adalah salah satu pilihan terbaik untuk anda. Karena gerakan zumba membuat semua otot bergerak. dari lengan, pinggang, perut, paha, hingga daerah kaki. Sehingga dalam beberapa minggu setelah anda mengikuti senam zumba, besar kemungkinan mendapatkan tubuh ramping, otot kencang dan badan sehat.

  1. Program diet yang cocok

Senam zumba merupakan jenis olahraga yang dirancang untuk membakar kalori dan lemak lewat aktivitas aerobik dengan training interval. Dengan adanya gerakan tari yang dirancang khusus untuk menyediakan intensitas interval baik dalam kecepatan dan jenis gerakan, para peserta yang mengikuti latihan dapat membakar kalori dan lemak secara efektif.

Senam Zumba secara otomatis akan membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi para wanita yang sedang melakukan program diet sehat. Selain menyenangkan, senam zumba ini akan membuat berat badan turun dalam beberapa minggu. Karena kalori dan lemak dalam tubuh akan terbakar secara perlahan, dan dapat Anda bandingkan berat badan Anda sebelum dan sesudah melakukan senam zumba tersebut. Lemak pada bagian perut, lengan, dan paha akan mengencang secara perlahan.

  1. Awet muda

Nah, ini salah satu yang digemari kaum hawa, awet muda karena setiap orang akan menua seiring bertambahnya usia. Banyak wanita yang berusaha untuk selalu terlihat dengan menggunakan riasan, melakukan perawatan wajah bahkan dengan cara yang paling ekstrim seperti operasi plastik. Semua cara itu sangat menyakitkan dan menguras kantong, bukan? Senam Zumba dapat menjadi jalan alternatif untuk tetap terlihat muda sekaligus menyehatkan dan menyenangkan.

Senam zumba membuat seluruh bagian tubuh bergerak, alhasil jantung berdetak lebih cepat dan membuat peredaran darah lebih lancar. Sistem imunitas dalam tubuh akan meningkat. Seperti olahraga lainnya, zumba merangsang hormon endorfin di dalam tubuh sehingga dapat berpengaruh pada moody tubuh anda dan membuat anda lebih bahagia. Antioksidan pada tubuhpun bertambah sehingga secara tidak langsung berdampak awet muda bagi anda.

  1. Mengembalikan good mood

Senam Zumba terbilang menyenangkan dan tidak membosankan. Anda akan terus fokus bergoyang akan keringat akan membanjiri dalam waktu singkat. Melakukan gerakan senam ritmis dengan alunan musik yang indah dapat membuat Anda melupakan masalah Anda untuk sementara waktu sehingga dapat mengembalikan mood Anda. Di sisi lain, anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa membawa lebih banyak canda-tawa dan kebahagiaan untuk Anda.

  1. Cocok untuk semua kalangan

Senam zumba cocok untuk semua kalangan. Senam zumba terbagi beberapa kategori, kategori-kategori tersebut untuk tarian zumba anak-anak, remaja, dewasa hingga setengah baya. Jadi tidak usah kwatir jika anda memiliki anak, ajak saja anak anda untuk mengikuti senam zumba. Jadi Anda tak perlu takut ketika pergi senam untuk menitipkan anak kemana. Sebab senam zumba sifatnya flesibel. Ketika latihan anda akan dibagi ke beberapa kelompok. Misal grup anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh anda.

  1. Bagus untuk paru-paru

Anda yang bekerja sebagai artis di dunia entertiment yang perifernya lebih ke tarik suara, pasti memerlukan latihan pernafasan kuat. Pernapasan kuat penting untuk semua kalangan yang ingin hidup dengan sehat dan hal ini bergantung pada paru-paru Anda.

Latihan zumba dalam waktu panjang akan memudahkan anda mengatur pernafasan. Artinya secara perlahan zumba memperbaiki paru-paru, karena tidak disangkal tarian zumba memang kombinasi antara olahraga dan menari. Senam Zumba dapat melancarkan aliran darah, mengatur ritme pernafasan sehingga seiring waktu pernafasan anda akan membaik. Senam Zumba yang mengkombinasikan olahraga dan tarian akan memperkuat pernapasan Anda. Olahraga yang hanya dilakukan 30 menit saja, terkadang merasa kelelahan. Apalagi jika olahraga dan menari. Manfaatnya akan sangat luar biasa. Salah satunya menyehatkan paru-paru.

  1. Lebih sehat

Dengan melakukan aktivitas olahraga yang rutin akan sangat baik untuk tubuh. Aliran darah Anda akan semakin lancar, jantung dan paru-paru semakin prima dan Anda akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat tergantikan dengan darah bersih sehingga sel-sel juga lebih sehat.

  1. Mengatasi stress

Lain dengan senam aerobic atau senam lainnya, senam zumba ini merupakan perpaduan antara olahraga dan menari. Jadi ketika anda melakukan gerakan senam zumba, anda tak sekedar merasakan gerakan olahraga namun juga akan merasakan asiknya menari.

Nah ketika anda merasa bahagia dengan gerakan ini, hormone stress dalam tubuh anda akan menurun. Dengan begitu kemungkinan untuk stress pun akan lebih rendah. Lagu-lagu yang digunakan pun sangat enak didengar. Dengan lagu seperti ini, tubuh ikut bergoyang dan anggota tidak merasakan capek atau terbebani dengan olahraga ini. Sudah banyak orang bilang melakukan senam zumba membuat orang menjadi happy, karena dari aluran tari yang diiringi dengan lagu. Tubuhpun akan bergerak dan tidak akan merasakan terbebani dengan olahraga ini.

  1. Memperluas interaksi sosial

Dengan mengikuti kelas senam Zumba, Anda akan bertemu dengan banyak orang dari semua kalangan. Akan lebih menyenangkan saat Anda olahraga bersama-sama ketimbang senam sendirian, bukan? Teman anda akan banyak. Kenalan anda semakin bertambah. Jika Anda rutin melakukan Zumba, Anda akan merasa lebih banyak berinteraksi banyak orang saat mengikuti senam Zumba. Anda akan kenal lebih banyak orang dan dikenal lebih banyak orang pula dari sebelumnya. Ada banyak persahabatan dimulai dari kelas Zumba, bahkan ada yang
mendapat jodoh karena satu kelas saat mengikuti Zumba.

  1. Alunan musik yang syahdu, membahagiakan Anda!

Banyak penelitian membuktikan bahwa semakin banyak kalori yang dibakar, seseorang bisa lebih bahagia. Saat tubuh bergerak sambil mendengar
hentakan musik cepat yang gembira, tubuh akan melepas hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bahagia. Anda akan mendapatkan tubuh fresh dan pikiran yang lebih tenang setelah melakukan senam Zumba.

Sudah tahu ada begitu banyak manfaat senam Zumba ‘kan? Tunggu apalagi segera ikut kelas senam Zumba dan dapatkan kebaikan-kebaikannya! Selamat mencoba 😊

 

 


Iklan Premium

Share this post

Post Comment