KULINER KHAS BATAM YANG PALING DIMINATI

KULINER KHAS BATAM YANG PALING DIMINATI

Kalian pasti tidak asing dengan Kota Batam, bukan? Meski menempati sebagai kotamadya atau daerah tingkat II, namun Batam merupakan kota paling besar dan paling berkembang secara finansial daripada ibu kota Provinsi Kepualauan Riau. Sebagai salah satu wilayah terluar Indonesia yang strategis, Batam terbilang cukup ramai dan makmur. Karena berbatasan dan berdekatan dengan beberapa negara wilayah ASEAN, ada cukup banyak wisatawan asing yang bertandang ke Batam seperti dari Malaysia, Singapura, Vietnam, dll.

Kota Batam memiliki penduduk yang terdiri dari beragam suku. Dengan keanekaragaman etnis, sudah pasti budaya dan kuliner yang tersedia juga beraneka ragam. Berbicara tentang kuliner, saat ini kuliner khas Batam yang mendominasi adalah makanan khas melayu yang disebut sebagai suku asli Batam. Kuliner khas Batam semakin diminati mengingat sektor pariwisata Kota ini tengah dikembangkan. Apa saja kuliner khasnya? Berikut gambarannya!

  1. Gonggong

    Sumber: commons.wikimedia.org

Gonggong adalah sejenis hewan laut yang memiliki cangkang keras dan tebal berwarna putih kecokelatan, seperti siput. Siput laut ini dapat disajikan dengan direbus langsung beserta cangkang atau ditumis dengan bumbu-bumbu khas Batam. Gonggong rebus biasanya dimakan dengan sambel atau saus dengan mengeluarkan dagingnya dari cangkang menggunakan tusuk gigi. Jika biasanya anda hanya dapat menemukan menu makanan ini di restoran seafood, maka di Batam anda bisa menemukannya di hampir semua restoran sari laut.

Makanan khas Batam gong gong merupakan sajian kuliner yang sangat terkenal dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Meskipun terbilang dimasak dengan sederhana, namun harga gonggong relatif mahal untuk satu porsinya. Konon, gonggong hanya ditemukan di peraian dekat Batam saja lhooo… Jadi pastikan Anda mencobanya saat berkunjung di kota ini. Sajian yang lezat ini cocok dimakan bersama dengan keluarga besar sebagai menu makan malam.

  1. Nasi Lemak

    Sumber: akubiomed.com

Sebenarnya nasi lemak merupakan makanan asli Malaysia, namun di Batam pun ada juga nasi lemak yang rasanya tak kalah dengan nasi lemak Malaysia dan tentunya sudah disesuaikan dengan lidah Indonesia. Kata lemak merujuk pada tekstur dan rasa gurih berminyak yang dihasilkan dari santan kelapa. Nasi lemak biasanya disantap sebagai sarapan pagi. Nasi lemak dimasak menggunakan santan sama seperti nasi uduk, kata lemak merujuk pada santan yang digunakan untuk mengolahnya. Rasa nasi lemak gurih dan sangat nikmat dihidangkan dengan telur, mentimun dan ikan teri. Anda juga bisa menambahkan berbagai lauk dan sayur lainnya seperti kacang panjang, ayam, cumi-cumi, ikan, dll.

  1. Bingka Bakar

    Sumber: bacaterus.com

Bingka bakar merupakan makanan khas dari Kerajaan Melayu. Namun seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa suku melayu merupakan suku asli kota ini yang memiliki kemiripan warna budaya dengan negeri jiran sehingga kue ini juga banyak ditemukan di Batam dan sangat terkenal. Bingka bakar mirip dengan bika ambon, hanya saja bingka bakar diolah dengan cara dipanggang menghasilkan aroma yang harum dan rasa yang sangat enak. Setiap orang yang berkunjung ke Batam pasti akan menunjuk bingka bakar sebagai menu khas Batam pertama yang harus dicoba. Bingka bakar memiliki varian rasa yang beragam, mulai dari coklat, strawberry, wijen, keju, dan juga pandan.

  1. Luti Gendang

    Sumber: resepresto.com

Luti gendang merupakan kue yang mirip dengan kroket dan sangat cocok dinikmati saat santai. Jika kroket berisikan ragout, luti gendang ini berisikan ikan yang dimasak dengan campuran bumbu khas tertentu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah, dll. Nama lain dari luti gendang adalah roti goreng isi ikan sebagaimana apa yang terdapat di dalam adonan rotinya. Kue khas Batam ini dapat dengan mudah kamu temukan di para pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya di pinggir jalan. Luti gendang lebih mantap jika disantap saat masih hangat.

  1. Mie Tarempa

    Sumber: bukumasakan.com

Kuliner khas selanjutnya adalah mie tarempa. Mie yang digunakan untuk mie tarempa berbentuk gepeng da nagak lebar. Mie ini dimasak dan dibumbui seperti mie goreng biasa. Topping yang digunakan untuk mie ini adalah suwiran ikan tongkol atau tambahan olahan seafood sehingga rasanya menjadi sangat lezat. Perbedaan topping inilah yang menjadi ciri khas dan membedakan mie tarempa dengan mie lainnya.

  1. Mie Sagu

    Sumber: pinterest.com

Bagaimana rasanya jika bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue digunakan sebagai bahan dasar pembuat mie? Jika biasanya anda suka mengonsumsi mie yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, tidak ada salahnya sekali-kali untuk merasakan mie yang dibuat dengan bahan dari bahan dasar sagu. Ukuran dari mie sagu lebih besar dan lebih kenyal daripada mie biasanya. Mie ini memiliki aroma sagu yang sangat kuat. Biasanya mie ini diolah dengan cara digoreng. Biasanya mie ini disajikan dengan bakso ikan, telur dan tauge.

  1. Mie Lendir

    Sumber: keywordhut.com

Masih seputar mie, makanan khas Batam selanjutnya adalah nama mie lendir. Mie lendiri sekilas mirip dengan mie kocok khas Aceh. Untuk rasa yang pasti mie lendiri ini sangat berbeda dengan mie aceh. Mie lendir merupakan sajian mie yang dicampur dengan udang, tauge, ayam, cabe, dan juga taburan bawang goreng. Ketika anda menyantap mie ini, anda akan merasakan kombinasi rasa manis, pedas dan gurih yang sangat nikmat.

  1. Sop Ikan

    Sumber: pinterest.com

Sop ikan batam berbahan utama ikan tengiri yang dibumbui dengan bumbu khas batam. Meskipun Anda bisa menjumpai menu ini di kota lain, namun racikan originalitas tentu lebih lezat, bukan? Rasanya nendang dan kesan memakan makanan khas dari daerah asalnya langsung tentunya lebih mengena. Rasanya pun mirip dengan garang asem, namun sedikit berbeda karena menggunakan bumbu khas yang digunakan. Jangan lupa tambahan nasi putih hangat saat menyantap menu sajian kuliner yang satu ini.

  1. Kerapu Steam

    Sumber: rasaneseafood.com

Makanan khas Batam selanjutnya ada kerapu steam. Sebagaimana namanya oalahan ini berbahan baku ikan kerapu yang diolah dengan cara disteam. Daging ikan pilihan yang masih segar diolah dengan campuran bumbu rempah rempah seperti bawang putih, jahe serta bumbu lainnya kemudian ditambah siraman saus sebagai penambah rasa. Rasanya sudah pasti dijamin enak dan lezat. Agar rasa yang didapatkan menjadi semakin lezat, maka kerapu steam menggunakan bumbu khusus.

 


Iklan Premium

Share this post

Post Comment