BAHASA INGGRIS: CARA MUDAH MEMPELAJARINYA!

BAHASA INGGRIS: CARA MUDAH MEMPELAJARINYA!

Iklan Premium

Bahasa merupakan piranti terpenting manusia dalam berkomunikasi. Bayangkan keabsenan Bahasa dapat menghambat penyampaian pesan. Saat ini ada begitu banyak Bahasa. Di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku memiliki Bahasa daerah yang sangat banyak mulai dari Bahasa Jawa, Sunda, Madura, Minang dan lain sebagainya. Beragam Bahasa kesukuan disatukan dengan Bahasa kebangsaan, yaitu Bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar komunikasi tetap dapat dilakukan antar suku. Itu baru berdasarkan sorotan satu negara. Bukankah ada banyak negara di dunia ini yang tersebar dalam lima benua? Tentu dibutuhkan Bahasa Internasional yang dapat mengatasi perbedaan itu.

United Nation (UN) atau yang lebih dikenal sebagai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki lima Bahasa yang digunakan dalam administrasinya. Kelima Bahasa itu meliputi Bahasa Inggris, Mandari, Perancis, Arab dan Rusia. Bahasa Inggris terdengar sangat lumrah, bahkan di banyak negara Bahasa Inggris dijadikan sebagai first language kendati berasal dari Britania Raya. Di Indonesia sendiri, Bahasa Inggris dijadikan sebagai second language setelah Bahasa Indonesia. Persebaran Bahasa Inggris telah mendunia dimulai dari imigrasi penduduk Inggris ke tanah Amerika, zaman kolonialisme-imperialisme hingga sekarang. Terlebih badan-badan internasional didominasi oleh negara adidaya yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pemerintahannya.

Ternyata tidak hanya dari segi kebahasaan, penetrasi kebudayaan hingga pergeseran norma-norma tidak dapat terelakkan. Begitu banyak kuliner asal negara lain yang mudah ditemui di Indonesia seperti burger, pizza, spaghetti, dll. Gaya hidup yang cenderung bermewah-mewahan (hedonisme) bahkan kini sudah menjadi bagian budaya anak muda ibu kota. Budaya kebarat-baratan seperti clubbing, drug, party juga banyak ditiru. Semua hal itu sangat tidak sesuai dengan masyarakat Indonesia yang menganut norma ketimuran. Dalam kondisi seperti ini, kita dituntut mampu melihat lebih dari itu. Sebagai bagian dari masyarakat berbudaya dan berakal, seyogyanya kita mampu membedakan mana yang harus ditiru dan mana yang tidak. Ada banyak hal baik yang bisa kita adopsi dari negara-negara barat seperti budaya menghargai waktu, tepat waktu, disiplin, menjaga kebersihan, gemar membaca dan daya kreativitas yang tinggi. Bila kita mampu menerapkan nilai-nila baik itu, tentu itu sangat membantu kita dalam mengembangkan skill dan meningkatkan daya saing dalam masyarakat global.

Mari kembali ke pokok bahasan awal, yakni Bahasa terkhusus Bahasa Internasional, Bahasa Inggris. Meski telah mendapat title sebagai second language di Indonesia, ternyata masih banyak yang merasa sulit untuk menguasainya. Izinkan saya berbagai sedikit pengalaman pribadi disini. Saya memiliki kenangan pahit yang berujung manis perihal Bahasa Inggris. Mulanya saya juga merasa sulit berkawan dengannya. Saat itu saya menerima pelajaran Bahasa Inggris mulai kelas 4 SD, kira-kira tahun 2006. Ketika itu, setiap ujian Bahasa Inggris nilai saya paling mentok 60. Hal ini berlanjut hingga kelas 5 SD. Namun saat kelas 6 SD, nilai saya melonjak ke angka 90. Bahkan saat SMP hingga di perguruan tinggi saya sering mengikuti kompetisi berbahasa Inggris. Terkadang saya pun diminta menjadi juri di tingkat kota padahal saya merasa belum pantas lhooo hehe.

Sebenarnya apa yang membuat transformasi saya begitu cepat dan signifikan berkaitan dengan Bahasa Inggris? Baiklah, tanpa berpanjang lebar saya dengan senang hati akan membagikan tips dan trik cara mudah mempelajari Bahasa Inggris. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan, yaitu:

(Foto: https://play.google.com/store/apps/details?id=en.in.bestdict)
  1. Niat

Ini merupakan hal paling penting dan esensial. Tanamkan dalam benak dan hati Anda niat tulus untuk belajar sebaik-baiknya. Anda harus menyadari pentingnya mempelajari Bahasa Inggris juga segudang manfaat yang akan Anda peroleh jika Anda mampu menguasainya. Pasti udah tau dong Bahasa merupakan faktor penentu keberhasilan Anda bersaing di kancah internasional. Anda boleh jadi sangat mahir dan pandai dalam bidang studi. Boleh jadi IPK Anda sangat tinggi dan Anda lulus cum laude. Namun bila Anda tidak menguasai Bahasa Inggris, Anda tidak akan bisa berkompetisi untuk memperoleh pekerjaan. Apalagi perusahaan-perusahaan multinasional berinduk di negara-negara barat. Bagaimana mungkin Anda bisa bekerja sedangkan untuk berkomunikasi dengan atasan saja Anda kelimpungan. Anda belajar bukan semata untuk memperoleh nilai bagus di sekolah. Namun Anda belajar sebab Anda merasa membutuhkannya.

  1. Belajar mencintainya

Jika Anda memandang Bahasa Inggris hanya sebagai salah satu mata pelajaran, pemikiran Anda sangat dangkal! Sebab dengan pemikiran seperti ini Anda hanya melihatnya sebagai tugas-tugas dan ujian yang menjemukan. Alih-alih menyukainya, Anda justru membencinya. Untuk bisa “mencintainya” Anda harus mampu melihatnya lebih dari itu. Seperti yang saya utaran sebelumnya, Anda harus merasa bahwa Anda membutuhkannya hingga timbul kerelaan dari hati untuk belajar. Saat Anda sudah berhasil mencintainya dan mengingat lingkup Bahasa yang sangat luas, Anda akan merasa haus untuk mempelajarinya terus-menerus bahkan saat Anda berhasil menguasainya, Anda tidak akan puas dan terus mencari-cari apa lagi yang perlu Anda pelajari setelahnya.

  1. Mulai dari hal kecil

Untuk mempercepat penguasaan Anda, aktivitas dan latihan di kelas tidak akan pernah cukup. Anda perlu lebih dari itu. Saya sendiri mempelajari Bahasa Inggris melalui media lain, yaitu lagu karena saya senang mendengarkan musik. Jika Anda suka menonton film, Anda pun bisa belajar melalui film. Bagi Anda yang senang membaca fiksi, cobalah membaca novel-novel berbahasa Inggris. Dengan begitu, Anda bahkan tidak merasa sedang belajar melalui latihan-latihan dari hobby atau kegemaran yang sangat Anda sukai itu.

  1. Jangan malu berlatih

Awalnya, Anda mungkin berpikir bahwa cara pengucapan Bahasa Inggris Anda belum fasih. Itu hal yang wajar. Namun jangan jadikan hal ini sebagai pembatas. Anda harus memberanikan diri keluar dari zona nyaman supaya berkembang. Tidak masalah bila pengucapan Anda belum sempurna, itu artinya Anda masih perlu berlatih lagi dan lagi hingga fasih. Anda bila memulainya dengan percakapan sederhana menggunakan Bahasa Inggris bersama rekan yang Anda anggap fasih pengucapannya sehingga bisa menyempurnakan pengucapan Anda yang mungkin banyak kesalahan di sana-sini.

  1. Tantang diri Anda!

Nah, setelah Anda merasa pengucapan Anda lebih baik, cobalah berkomunikasi dengan turis asing yang kebetulan Anda jumpai. Boleh jadi pengucapan Anda sempurna namun tetap perlu dilengkapi dengan listening yang memadai. Dan lawan bicara yang paling baik disini adalah orang asing yang memang kesehariannya menggunakan Bahasa Inggris. Jangan minder yaaa. Saya sering kok sok-sok menyusun pertanyaan yang topik yang akan saya bicarakan dengan turis asing. Setelah mantap, segera bidik sasaran. Bersikaplah ramah, dengan demikian Anda akan tetap dihormati olehnya seburuk apapun kemampuan speaking dan listening Anda. Practice makes perfect!

Itulah tips-tips mempelajari Bahasa Inggris dengan mudah. Intinya jangan merasa terbebani dan jangan jadikan ini sebagai tuntutan. Untuk dapat menguasainya, Anda benar-benar perlu jatuh cinta untuk bisa melebur dengannya dengan sempurna. Selamat mencoba dan teruslah berlatih!

 


Iklan Premium

Share this post

Post Comment