8 MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN

8 MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN

Air merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Pasalnya manusia membutuhkan air untuk minum, memasak, pengairan, mencuci dan MCK. Bahkan sekitar 70% tubuh manusia tersusun dari air. Air dibutuhkan di banyak organ manusia seperti ginjal, jantung, dan otak manusia yang bekerja 24 jam dalam sehari. Banyak praktisi kesehatan menyarankan manusia untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter. Namun banyak orang dengan komsumsi air minum kurang dari 8 gelas sebab lebih suka mengonsumsi air yang berasa seperti es teh, soda, soft drink, dan lain-lain daripada air putih. Padahal faktanya air putih memiliki banyak sekali manfaat kendati air putih tidak memiliki rasa. Apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi air putih?

  1. Melindungi jantung

Menurut jurnal terbitan American Journal of Epidemiology melalui penelitian studi selama 6 tahun mengonsumsi air putih lebih dari lima gelas dalam sehari dapat menurunkan resiko serangan jantung sebanyak 41% dibandingkan konsumsi kurang dari dua gelas air putih sehari. Minum air putih setidaknya lima gelas sehari juga akan mengurangi resiko kanker. Tubuh dengan komposisi cairan yang cukup dapat mengurangi resiko kanker usus hingga 45%, kanker kandung kemih hingga 50% dan juga resiko payudara.

  1. Menjaga keseimbangan dalam tubuh

Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka cairan dalam tubuh akan seimbang sehingga membantu pencernaan makanan, transportasi nutrisi, suhu tubuh dan sebagainya.

  1. Membersihkan sistem pencernaan

Dengan jumlah cairan dalam tubuh yang cukup untuk membantu proses pencernaan menyebabkan penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan berfungsi dalam pembentukan kotoran manusia. Anda pun akan terhindar dari konstipasi dan dapat BAB dengan lancar sehingga sistem pencernaan akan relatif bersih.

  1. Menyehatkan kulit

Minum air yang cukup akan menyehatkan kulit Anda. Pasalnya cairan tubuh dapat membantu menghilangkan kerutan. Noda atau bercak hitam di kulit terjadi akibat akumulasi racun dan air dapat membantu menghilangkan racun itu. Dengan demikian kulit yang bersih, sehat dan bercahaya akan menjadi milik Anda.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat cairan dalam tubuh seimbang, metabolism terjadi dengan cepat dan saluran pencernaan bekerja dengan baik sehingga tubuh Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Konsumsi air putih saat perut kosong juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai infeksi.

  1. Membuang racun dari dalam tubuh

Saat Anda minum air putih dalam jumlah banyak, Anda akan mengeluarkan cairan dalam jumlah yang besar pula melalui keirngat atau kencing. Racun-racun dalam tubuh akan ikut terbuang bersama cairan tersebut sehingga semakin banyak jumlah cairan yang keluar dari tubuh Anda maka detoksifikasi semakin baik.

  1. Menyehatkan usus besar

Bila Anda minum air putih cukup banyak, Anda akan terhindar dari sembelit sebab makanan yang dikonsumsi bisa diproses dengan baik dalam saluran pencernaan. Sebaliknya konsumsi air yang tidak cukup dapat mengganggu pencernaan dan usus akan menyerap cairan dari feses untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Akibatnya Anda akan sulit buang air besar. Pencernaan makanan yang berjalan dengan baik mengakibatkan penyerapan nutrisi yang baik pula sehingga usus besar Anda semakin sehat.

  1. Mengendalikan kalori dan mengontrol berat badan

Konsumsi air saat perut kosong dapat meningkatkan kecepatan metabolisme hingga 25% dan membantu pembakaran kalori yang lebih cepat. Pencernaan yang berjalan lebih cepat dapat mengendalikan jumlah kalori dalam tubuh. Minum air putih yang tidak berkalori tidak akan membuat Anda gemuk, justru minuman berasa manis biasanya mengandung kalori yang lebih tinggi-lah yang menimbun kalori/lemak dalam tubuh. Konsumsi air dalam jumlah yang lebih banyak dapat mengatasi rasa lapar dan membantu penurunan berat badan dengan cepat. Untuk hasil terbaik, minum air putih sebanyak 4 liter per hari.

Itulah 8 manfaat minum air putih bagi kesehatan. Sayangnya masih banyak yang lebih suka minum minuman manis seperti es teh untuk menemani santapan. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati hal tersebut sehingga Anda bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Berikut ulasannya!

  1. Lakukan aktivitas fisik yang lebih banyak. Saat cairan dalam tubuh keluar dalam jumlah besar, Anda akan merasa haus dan dehidrasi. Inilah waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi air putih untuk melepaskan dahaga Anda dan membuat tubuh Anda terhidrasi kembali.
  2. Bawalah air putih kemanapun Anda pergi. Alasan lain mengapa Anda sering mengonsumsi air berasa manis adalah saat Anda haus, Anda akan cenderung mencari air di ritel atau toko kelontong. Padahal toko dan ritel itu memiliki banyak pilihan air yang bisa Anda nikmati mulai dari es teh, soda, soft drink Bisa saja dong Anda akan tergoda untuk minum minuman rasa-rasa. Tidak dipungkiri minuman berasa manis memang lebih nikmat apalagi saat baru dikeluarkan dari lemari es, bukan? Untuk menyiasati hal ini, bawalah air putih kemana pun Anda pergi sehingga saat haus Anda tinggal menikmati air putih yang Anda bawa.
  3. Hindari menyimpan banyak minuman manis dalam lemari es rumah Anda sehingga pilihan terbaik saat haus hanyalah minum air putih (karena tidak ada pilihan lain hehe)
  4. Sebaiknya air putih ditempatkan di posisi strategis sehingga mudah dijangkau misalnya dengan memasang galon air di atas dispenser, meletakkan air dalam teko atau botol besar meja makan dan lain-lain.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dengan konsumsi air putih plus trik memaksimalkan konsumsinya, saya harap Anda semakin yakin dan tergugah untuk rajin minum air putih lebih banyak. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk lebih mencintai dan membiasakan diri minum air putih. Apalagi ini terkait dengan kesehatan lhooo… siapa sih yang tidak ingin hidup sehat? Selamat mencoba yaaa


Iklan Premium

Share this post

Post Comment